MIKRO BAWOR BKM ELEKTRO (1)

Pada suatu hari saya kelayapan di internet mencari skema ampli dan menemukan sebuah layout PCB driver yang terkenal: MIKRO BAWOR BKM ELEKTRO.

Pengembang dari driver amplifier berkode BAWOR adalah seorang ahli audio amplifier dari Indonesia, sebut saja PAKDHE BAWOR asal pulau Jawa.

LAY OUT PCB

Berikut ini adalah lay out dari PCB Driver MIKRO BAWOR.

Layout PCB Mikro Bawor

Dari PCB ini nampak bahwa rangkaian ini menggunakan 9 transistor dengan rincian adalah 2 transistor kecil type TO-92, 1 transistor type TO-225 , 3 transistor type TO-220, dan 3 transistor type TO- 247.

Datasheet masing-masing komponen adalah sebagai berikut ( silahkan di klik tulisannya ):

TIP2955 dan TIP3055

TIP41 dan TIP42

MJE340

2SC1815 dan 2SC945

SKEMA TRACING MIKRO BAWOR BKM ELEKTRO

Berikut ini adalah skema hasil tracing atas layout PCB MIKRO BAWOR ini:

MIKRO BAWOR BKM ELEKTRO
CLICK TO ENLARGE

Skema hasil tracing ini jika saya perhatikan adalah ia telah menggunakan cermin arus Q3 untuk menghasilkan sinyal balans sehingga sampai ke Q6 untuk mengimbangi Q5 yang memang bertugas sebagai penguat tegangan.

Mulai Q1 hingga Q3 memiliki kemiripan dengan OCl 150W hanya saja ia menggunakan transistor NPN ( beda dengan OCL 150W yang menggunakan transistor PNP ).

Output dari MIKRO BAWOR BKM ELEKTRO adalah adalah 1buah resistor ( R13 ) untuk menghubungkan 2 emitor transistor driver output sehingga ia akan masuk ke rangkaian Final Power.

Rangkaian ini telah tren di media sosial karena simpel dan handal menurut beberapa anggota grup yang telah mencoba rangkaian ini.

Kekurangan dari rangkaian ini adalah ia tidak mampu bekerja pada tegangan catu simetris di tas 45VDC.

Meskipun demikian rangkaian ini telah mendapatkan tempat di kalangan pecinta audio ombro negeri ini seperti OCL 150W.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *