POWER KLONING 300 WATT AKAI SPESIAL

Tulisan ini tentang catatan saya dalam melakukan kloning KLONING 300 WATT AKAI, yakni sebuah Power Amplifier merk AKAI seri 930 buatan sekitar tahun 1970-an.

Pada skema aslinya, rangkaian ini adalah sebuah radio penerima FM yang terkenal pada jamannya dan memiliki sebuah Power dengan daya sekitar 40 hingga 45 Watt pada beban 8 Ohm. Tulisan saya tentang Power ampli ini bisa anda baca pada LINK INI.

Namun pada tulisan ini saya mencoba membikin rangkaian power ini menjadi lebih power full dengan menambahkan beberapa komponen dan modifikasi sana-sini untuk menambah cantik dan kuatnya Power Kloning 300 Watt Akai ini.

SKEMA ASLI

Berikut adalah skema asli dari rangkaian Power ini yang saya ambilkan dari servis manual dari receiver AKAI 930:

Akan tetapi kloningan ini tidak 100% menggunakan nilai komponen dari skema aslinya.

Saya hanya mengambil skema bagannya saja namun untuk nomer transistor menggunakan ide saya sendiri. Saya harus menyesuaikan dengan komponen yang beredar di toko elektro dan toko online di negara saya.

Saya rasa andapun bisa melakukan hal yang sama seperti yang saya lakukan ini.

SKEMA TURUNAN

Karena skema aslinya lumayan buram dan tidak begitu informatif, maka saya mencoba untuk menggambar ulang dan memodifikasi rangkaian ini untuk saya sesuaikan dengan gaya audio orang Indonesia dan saya sesuaikan dengan komponen yang tersedia di pasaran.

Saya hanya mengambil skema Power Amplifier nya saja, selanjutnya saya lakukan perubahan nilai komponen dan nomer transistor yang mendukung rangkaian ini.

Power Amplifier ini menggunakan tegangan supplai 47 Volt simetris dan memungkinkan untuk menghasilkan daya hingga 200 watt pada beban 4 Ohm.

Ini berarti jika saya menggunakan sepasang transistor saja sebagai transistor final output, maka tentu ini tidak akan maksimal.

Akhirnya saya mencoba merubah rangkaian dengan menambahkan sepasang transistor lagi pada blok Final Output.

PENAMPAKAN LAYOUT POWER KLONING 300 WATT AKAI

PCB Power nomer 930 ini berukuran 10cm lebar dan 8 cm panjang. Transistor Power dirancang untuk menempel pada Heatsink berukuran 10cm minimum dan idealnya 20cm.

Semakin lebar dan tebal heatsink, maka kemungkinan Power Amplifier ini mampu bertahan lama untuk beroperasi semakin baik.

KLONING 300 WATT AKAI

Trimpot 500 Ohm di sini bertugas sebagai penentu titik 0 Volt atau biasa kita sebut dengan nama DC-Ofsett.

Tujuan trimpot ini adalah membikin nilai 0,0 VDC pada terminal output Power Amplifier sehingga tidak mengganggu Loadspeaker.

JALUR PCB

Berikut adalah gambar rancangan dari Power Amplifier KLONING 300 WATT AKAI ini .

Nampak jalur tebal adalah jalur Supplai dan Speaker.

Anda bisa membikin sendiri PCB sesuai jalur ini. Resiko ditanggung pembikin. Ketelitian dan kecermatan adalah sangat diperlukan.

CARA MENDAPATKAN KIT POWER INI

Anda bisa memperoleh kit power ini pada link toko online yang tersedia DI SINI.

SEE ALSO

Skema AKAI lainnya silahkan LIHAT SINI.

Koleksi skema Mr Yohan from Indonesia lainnya silahkan CEK SINI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *