POWER KLONING 300 WATT SALCON LENGKAP

Penghobi elektronika audio dari Indonesia terkadang kurang mendengar nama merk ampliyang saya beri judul Power Kloning 300 Watt SALCON ini. Nama ini adalah sebuah merk produsen audio di negeri Vrindavan tempat Shiva memerangi penjahat bersama pak Inspektur Ladhu Singh.

Skema sebenarnya adalah Sebuah Power dengan jumlah transistor Final sepasang saja.

Namun saya juga mencoba untuk membuatkan 2 pasang transistor final untuk mendapatkan tegangan output hingga 42 Vrms pada beban 4 Ohm. Sebuah angka maksimum untuk mendapatkan peak 300 watt.

Namun angka ini sulit tercapai karena travo daya saya cukup kecil dan transistor yang saya pasang adalah berjenis KW atau imitasi.

Meskipun demikian untuk mencapai angka 200 Watt pada beban 4 Ohm adalah lumayan mudah meskip[un dengan resiko pendingin power mengalami panas yang lumayan melebihi suhu standart 40-45 derajat Celcius.

Tentu saja anda memerlukan 2 pasang transistor Toshiba nomer 2SC5200 / 2SA1943 yang memiliki kemampuan daya hingga 150 watt setiap pasangnya.

Catatan di bawah ini ada tentang Power Kloning 300 Watt SALCON hasil penelitian saya beberapa hari belakangan ini.

Saya telah menulis artikel tentang power amplifier ini di LINK INI. Namun pada tulisan itu masih sebatas review skema dan belum percobaan kloning.

PCB POWER KLONING 300 WATT SALCON

Berikut ini adalah kit modul power amplifier 1 set transistor menggunakan transistor nomer MJ3055 dan MJ2955.

Sepasang transistor ini memiliki kemampuan dissipasi maksimum hingga 100 watt.

Note: jika transistornya adalah asli maka angka 100 adalah bisa tercapai. Anda tahu sendiri bahwa di negeri kita ini telah bertebaran transistor imitasi maupun transistor dengan macam macam grade.

POWER KLONING 300 WATT SALCON

Kit Power hasil kloning ini telah saya coba dengan menggunakan beban 8 Ohm serta supplai simetris 38VDC dan hasilnya adalah lumayan.

Kit ini masih belum bisa dipakai untuk aplikasi SUB-LOW. Kemungkinan adalah komponen yang sangat sederhana dan hanya menggunakan transistor driver BD139 /BD140.

Pada klit yang lainnya, saya juga membikin yang menggunakan 2 transistor untuk mendapatkan angka output yang lebih tinggi.

Hanya saja sepertinya rangkaian Power ini sebatas hingga LOW-MID saja dan belum layak untuk sebagai power ampli LOW-SUB.

Saya juga sempat melakaukan perubahan transistor Final Output untuk Power Kloning 300 Watt SALCON ini menggunakan transistor 2Sc5200/2SA1943 dan hasilnya adalah luar biasa.

Pendingin tidak begitu panas meskipun tegangan ke speaker adalah terbaca sama-sama 10VAC pada beban 8 Ohm.

VERSI 2 TRANSISTOR

Selanjutnya saya juga melakukan penambahan komponen pada rangkaian ini, yakni sepasang lagi transistor Power untuk Final power amplifier.

Dan tidak lupa saya pasang resistor limiter untuk basis dan resistor limiter pada emitor Transistor Final Output.

NOTE: Jika anda menggunakan tegangan diatas 50 Volt, maka saya sarankan gunakan transistor driver pasangan nomer TIP31/TIP32. Jika anda masih menggunakan driver transistor nomer BD139/BD140, maka saya bisa pastikan rangkaian anda akan bermasalah. Saya telah mencobanya dan mengalami ledakan berjamaah antara Transistor driver dan Final Power.

Gambar adalah seperti di bwah ini:

POWER KLONING 300 WATT SALCON

Tegangan untuk rangkaian POWER KLONING 300 WATT SALCON ini adalah 45 hingga 60 Volt.

Bagaimana penampakan PCB hasil rancangannya?

Hasilnya adalah seperti gabar di bawah ini:

POWER KLONING 300 WATT SALCON

Tegangan supplai pada rangkaian ini adalah antara 45 hingga 60 Volt. Semakin tinggi tegangan semakin cepat panas pada transistor Final.

Akan tetapi jika heatsink anda adalah tebal dan bagus maka permasalahan panas ini bisa anda selesaikan.

POWER KLONING 300 WATT SALCON
Rancangan Power SALCON 258 dengan 2 transistor Final by Aplikasi Pembuat PCB PROTEUS.

Rancangan Power Kloning 300 Watt SALCON ini mudah untuk dikerjakan karena rangkaian yang sederhana dan tidak memerlukan biaya yang besar.

Modal terbesar di sini adalah anda harus membeli 4 pasang transistor Final.

Awas jangan sampai salah dalam membeli komponen transistor Final ini karena telah bertebaran komponen palsu dan imitasi di toko offline maupun toko online.

SEE ALSO

Macam-macam skema Power amplifier dalam blog ini silahkan LIHAT SINI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *