DRIVER POWER 1000W 80V VRINDAVAN MANTUL

Tulisan ini saya beri judul Driver Power 1000W 80V Vrindavan karena skema aslinya berasal dari seorang blogger dari negeri India bernama AKHIL SATHEESH dengan nama domain SOLDERINGMIND_COM.

Saya tertarik dengan skema gambar tangan sang blogger karena ia menggunakan transistor yang sangat umum di negeri Hong Wee Laheng tempat saya tinggal. Yaitu menggunakan transistor Driver 1 nomer TIP41/42 dan Transistor Driver 2 menggunakan TR Final Sejuta umat 2SC5200 / 2SA1943.

Skema nya pun sangat logis dan sangat ASIA banget. Karena itu saya mencoba untuk menggambar ulang dan membikin rancangan Layoutnya,

SKEMA ASLI DRIVER POWER 1000W 80V VRINDAVAN

Skema asli dari rangkaian orang Vrindavan ini silahkan LIHAT SINI.

Nampak di situ bahwa rangkaian menggunakan tegangan supply 80V dan output rangkaian ini adalah setelah resistor Emitor Driver 2 sebesar 56 Ohm 2W.

Dengan tegangan supply 80V, maka akan memerlukan paling sedikit 4 pasang transistor TOSHIBA 2SC5200 / 2SA1943 atau paling sedikit 3 pasang transistor SANKEN ber casing MT200. Atau bisa pula anda gunakan 3 pasang transistor MJL21194/ MJL21193.

Note: Semua transistor harus yang asli. Di negeri saya banyak bertebaran transistor Final Palsu.

Karena menarik, maka saya memutuskan untuk melakukan gambar ulang dan mencoba mensimulasikannya. Jika simulasi berhasil maka akan saya lanjutkan ke rancangan PCB untuk proses kloning.

Berikut ini adalah skema hasil gambar ulang dari Driver Power orang Vrindavan ini:

skema DRIVER POWER 1000W 80V VRINDAVAN

Dari skema ini maka kita bisa melihat jika rangkaian terdiri dari beberapa bagian:

  • Preamplifier Differensial,
  • VAS / Penguat Tegangan,
  • Servo Driver,
  • Driver Amplifier, dan
  • Driver 2 Amplifier.

Final Power Amplifier tidak ada dalam rangkaian ini karena memang sang penulis ini merancang untuk Driver Power saja.

TES DC

Setelah melakukan gambar ulang, maka saya berupaya untuk melakukan tes rangkaian ini apakah hasil gambar saya telah sesuai dengan kaidah Power Amplifier.

Tes rangkaian ini adalah dengan memberi tegangan supply 80V simetris, tanpa sinyal input.

Hasil kalkulasi simulator mengatakan bahwa output rangkaian ini adalah -0,04VDC atau -40mV. Ini sudah benar tapi masih belum ideal.

Note: Saya tambahi rangkaian Zobel Network R16 C8 untuk jaga-jaga ada Osilasi frekwensi tinggi menerobos ke Speaker.

Walaupun output menunjukkan angka 40mV namun saya anggap hasil gambar ini sudah benar.

Selanjutnya apakah bisa kita lakukan tuning agar output Dc adalah 0,00mV pada terminal Output Driver Power ini? Jawabnya adalah BISA.

Rahasianya ada pada resistor kolektor pada emitor sumber arus untuk Preamplifier. Pada skema gambar ulang, komponen ini adalah R6 yang terletak pada emitor Q3.

Dengan menaik turunkan nilai resistansi, maka akan mencapai nilai 0,0V pada terminal Speaker pada Driver Power ini.

Pada tulisan ini, simulator menghitung bahwa resistor yang paling tepat untuk membikin output adalah 0,0mV bertemu pada angka 433 Ohm.

Resistor 433Ohm sama dengan Dua buah resistor 390Ohm+47Ohm, 330Ohm+100Ohm, 270Ohm+150Ohm. Hasil bisa berbeda beda namun mendekati 0VDC.

MERANCANG PCB UNTUK KLONING DRIVER POWER 1000W 80V VRINDAVAN

KArena skema ini saya anggap sempurna, maka saatnya untuk merancang PCB. Saya memerlukan PCB berukuran 65mmx100mm untuk itu.

Ini berarti, sebuah PCB polos standart negeri saya ( 200mmx100mm) bisa menjadi 3 buah PCB. Lumayan mendapatkan 3 buah PCB.

Hasil rancangan adalah seperti gambar ini:

Dalam perhitungan saya. biaya untuk membikin Driver 1000W 80V Vrindavan ini tidak terlalu mahal. Tidak sampai IDR 100rb anda sudah memiliki kloningan Driver Power buatan orang dari negerinya SHIVA dari VEDAS, Vrindavan.

Selanjutnya berikut ini adalah hasil layout Driver Power Amplifier ini.

Selamat mencoba. Resiko kesalahan dan kerusakan tanggungan Perakit dan bukan tanggungan Perancang.

Terima kasih. OM Swastiyastu.NAMASTE.

SKEMA OMBRO LAINNYA SILAHKAN BACA SINI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *