ANEKA 4 TONE CONTROL YORKVILLE

Posting kali ini berisikan aneka skema 4 TONE CONTROL YORKVILLE yang saya ambil dari power amplifier, mixer dan produk audio mereka.

Skema yang saya ambil adalah dari alat tertentu, yaitu yang menggunakan komponen utama transistor dan IC. Sedangkan untuk skema yang menggunakan komponen utama lampu tabung maupun lilitan tidak saya ikutkan.

TONE CONTROL YORKVILLE PADA MC12D

4 TONE CONTROL YORKVILLE
Sumber: YORKVILLE_COM

MC12D adalah sebuah mixer audio 12 kanal buatan YORKVILLE Kanada pada era 90-an. Memiliki total 4 potensiometer untuk mengatur nada TREBLE, BASS, MID serta MID RANGE.

Mixer ini memiliki fitur potensio yang panjangnya hingga 10cm, sehingga memungkinkan bagi seorang operator mixer untuk mencampur banyak input dengan akurat.

Berikut ini adalah skema seksi tone control pada mixer buatan YORKVILLE dengan type MC12D.

4 TONE CONTROL YORKVILLE
Seksi tone control pada mixer YORKVILLE type MC12D

TONE CONTROL YORKVILLE PM16

PM16 adalah mixer 16 kanal dengan amplifier di dalamnya buatan YORKVILLE. Ia berisikan 4 buah amplifier 800 Watt sehingga mampu menghsilkan daya total hingga 3200 Watt.PM adalah singkatan dari POWER MAX.

Tone control ini berisikan total 4 buah potensio untuk mengatur 3 band, yaitu TREBLE, MIDDLE, dan BASS.

4 TONE CONTROL YORKVILLE
Seksi tone control pada mixer YORKVILLE PM16

Rangkaian tone control terdiri dari 2 tingkat, yaitu tingkat pertama untuk mengatur nada TREBLE dan BASS, sementara tingkat satunya adalah untuk mengatur nada MIDDLE dan memilih RANGE FREQ MIDDLE.

TONE CONTROL YORKVILLE M810

M810 adalah mixer audio 8 kanal dengan amplifier di dalamnya. Power Amplifier ini menghasilkan daya hingga 2 x 400 Watt dan tepat untuk penerapan pencampur audio ruangan sedang, misalnya di dalam kafe, mall, studio mini bahkan kontrol alat panggung yang membutuhkan mixer tersendiri seperti drum, keyboard.

Tone control pada mixer ber-amplifier ini menggunakan 3 potensiometer untuk mengatur nada HI, MID DAN LOW.

4 TONE CONTROL YORKVILLE
Seksi tone control pada amplifier YORKVILLE M810 M1610

Rangkaian tone control ini menggunakan komponen utaman sebuah OPAMP dengan nomer TL072CP, yang termasuk OPAMP Low Noise pada era tersebut.

TONE CONTROL YORKVILLE PADA AMPLI LAWAS TRAYNOR YVM4

YVM4 adalah Amplifier dengan 4 kanal input buatan TRAYNOR YORKVILLE pada era 70-an. Setiap kanal memiliki tone control dengan 2 potensio, yaitu untuk TREBLE dan BASS.

Berikut ini adalah skema hasil edit dan pangkasannya.

4 TONE CONTROL YORKVILLE
Seksi tone control pada mixer lawas buatan YORKVILLE type YVM4

Skema tone control ini tidak menggunakan OPAMP, akan tetapi menggunakan transistor sebagai komponen utamanya. Transistor yang mereka pakai yaitu BC109C. Pada saat itu transistor nomer ini adalah transistor yang terkenal dan masih menggunakan kemasan kaleng aluminum,

Demikian aneka tone control YORKVILLE koleksi pak Yohan.

One thought on “ANEKA 4 TONE CONTROL YORKVILLE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *