VARIOUS TONE CONTROL BLACKSTAR

Tulisan ini berisikan various Tone Control Blackstar yang kebanyakan adalah potongan rangkaian dari Power amplifier BLACKSTAR.

Tone Control ini bagus untuk kloningan anda jika berencana membuat sebuah tone control gitar maupun peralatan musik yang melibatkan nada tengah.

Table of Contents

TONE CONTROL H5

Menggunakan 4 potensio yang bertugas sebagai pengatur nada tinggi / treble, rendah / bass, nada tengah / MID, serta sebuah potensio bernama ISF untuk memilih range frekwensi nada tengah.

x

TONE CONTROL BLACKSTAR

x

TONE CONTROL BLACKSTAR HT1

HT1 adalah salah satu varian atau seri keluaran dari BLACKSTAR. Pada rangkaian tone control nya hanya ada potensio untuk ISF sementara di dalamnya telah ada rangkaian booster untuk nada treble dan bass.

TONE CONTROL BLACKSTAR
Seksi tone control pada ampli BLACKSTAR HT1

X

ANEKA TONE CONTROL CARVIN (1)

Artikel ini berisikan aneka skema Tone Control dari produk audio merk CARVIN segala type dan segala tahun.

TONE CONTROL CARVIN SX200

SX200 adalah amplifier buatan CARVIN yang khusus untuk gitar. Dikatakan 200 karena ia menghasilkan daya 2 x 100 Watt pada 2 buah speaker 12 inchi.

Klik gambar = memperbesar

penampakan carvin sx200
Sumber: REVERB_COM

Tone control pada ampli ini menggunakan 2 kanal tone kontrol. Kanal 1 untuk mengolah nada normal dan kanal 2 untuk mengolah nada yang telah masuk kerangkaian effek gitar atau drive.

Berikut adalah skema tone kontrol pada bagian drive:

tone control carvin sx200
Seksi tone control pada ampli gitar CARVIN SX200

Tone control ini menggunakan 3 potensio kontrol nada untuk HI, MID dan LOW.

Tone Control ini menggunakan tegangan simetris 15VDC yang masuk ke pin 8 dan pin 4 pada OPAMP A dan B. Kedua OPAMP ini adalah dalam satu kemasan. IC OPAMP adalah TL072.

Akan tetapi jika anda membikin sendiri kloningan dari tone control ini, bisa anda gunakan nomer lainnya seperti NE5532, dan JRC4560.

TONE CONTROL CARVIN R600 R1000

R600 dan R1000 memiliki kesamaan dalam rangkaian tone control. Hanaya saja R600 dan R1000 adalah ampli yang di khususkan bagi gitar. Ampli ini memiliki fitur kompressor audio yang biasa mereka pakai untuk gitar bass.

R600 berarti ia menghasilkan daya 600 Watt untuk tiap kanal karena berisikan 4 transistor MJL buatan toshiba yang masing masing memiliki kemampuan hingga 200 Watt.

Sementara itu untuk rangkaian tone contorlnya menggunakan 3 potensiometer untuk mengatur nada TREBLE, MIDDLE, dan BASS.

Berikut skema pada seksi tone control nya:

KLIK GAMBAR UNTUK MEMPERBESAR

Seksi TONE CONTROL CARVIN pada ampli gitar CARVIN R600 dan R1000

Dari skema nampak bahwa rangkaian tone control terdiri atas 2 tingkat amplifikasi, yakni sama-sama menggunakan dual OPAMP nomer TL072.

OPAMP pertama bertugas sebagai pengatur nada HI dan LOW menggunakan metoda Baxandall, sementara OPAMp kedua menggunakan teknik semi parametris yang bertugas untuk mengatur nada middle ( Pot P4 untuk GAIN dan Pot stereo P23 untuk SWEEP ).

Tegangan supplai untuk rangkaian ini menggunakan 15VDC simetris.

Demikian aneka skemaTONE CONTROL CARVIN ini.

TONE CONTROL ALTO MIXER AMX100

Tone control ALTO mixer dengan type AMX100 adalah mixer 6 kanal era 2000-an yang menggunakan 3 potensio untuk mengatur nada, yakni HI, MID, dan LO.

dari 6 kanal ini, saluran untuk microphone atau mono input hanya 2 kanal. sedangkan yang lainnya 2 buah.

SKEMA TONE CONTROL MIXER AMX100

X

X

TONE CONTROL ALTO MIXER AMX100
Seksi Tone Control pada mixer ALTO AMX100

PENJELASAN

X

9 TONE CONTROL AMPEG

Postingan ini berisikan aneka koleksi skema various tone control AMPEG. AMPEG adalah merk terkenal di eropa dan Amerika mulai era 80 hingga 90-an. AMPEG sendiri telah berdiri sejak lama. ( WIKI AMPEG DI SINI ).

TONE CONTROL AMPEG B50RA

B50RA adalah ampli yang masih satu kelaurga dengan B50R. Ia mampu membikin audio hingga 50 Watt pada beban 4 Ohm. Sementara rangkaian tone control nya menggunakan 4 buah potensio yang masing masing bertugas untuk mengatus nada BASS, LO MID, HI MID dan TREBLE.

Potongan skema tone control dari B50RA adalah seperti di bawah ini:

TONE CONTROL AMPEG

Tone control dari AMPEG B50RA ini menjadi satu dengan preamp, maksudnya adalah OPAMP pertama bertugas sebagai penguat sinyal gitar, penguat kedua sebagai penguat aktif loudness, dan OPAMP ketiga sebagai penguat GAIN dari 4 tone control ini.

Rangkaian membutuhkan tegangan sebesar 15VDC simetris untuk mensupplai rangkaian sehingga dapat bekerja dengan optimal .

TONE CONTROL AMPEG AMPEG 115

BA115 adalah amplifier gitar buatan AMPEG yang mampu menghasilkan daya audio hingga 150 WRMs.

Sementara tone control nya berisikan 3 potensio yang mengatur nada LIGH, MID dan LOW.

Skema rangkaian adalah seperti gambar berikut ini:

TONE CONTROL AMPEG
Seksi tone control pada ampli gitar AMPEG BA115

Rangkaian Tone Control ini menggunakan 3 tingkat amplifikasi, yakni OPAMP pertama untuk penguat arus sekaligus penurun impedansi, OPAMP kedua sebagai penguat GAIN frekwensi / nada, serta terakhir adalah OPMAP untuk memperkuat level audio setelah melalui potensio master.

Tone control ini membutuhkan supplai tegangan simetris hingga 15VDC untuk rangkaian IC OPAMP dengan nomer TL072 ini.

TONE CONTROL AMPEG B3

B3 adalah amplifier gitar Bass dengan output 150 Watt.

Tone control pada ampli ini menggunakan 3 potensio untuk mengatur nada, yakni untuk mengatur nada BASS, TREBLE dan ULTRA MID .

Skema seperti gambar di bawah ini:

TONE CONTROL AMPEG

Rangkaian terdiri dari 2 tingkat, yakni tingkat pertama untuk mengatur nada MIDDLE dan tingkat kedua untuk mengatur nada TREBLE dan BASS.

TONE CONTROL AMPEG B100

n

m

TONE CONTROL AMPEG

a

TONE CONTROL AMPEG R12R

Ampli gitar seri R12R buatan AMPEG ini perkirakan produksi pada era 60-an. Pada era 60-an tentu saja masih banyak rangkaian ampli gitar yang menggunakan lampu tabung. .

TONE CONTROL AMPEG

s

TONE CONTROL AMPEG BT15

BT15 adalah ampli gitar buatan AMPEG pada era 60 atau sekitar 1967. Menggunakan tone control 2 potensio saja, yakni untuk nada TREBLE dan BASS.

Skema hasil potongan dan edit adalah seperti di bawah ini:

TONE CONTROL AMPEG
Seksi Tone Control pada AMPEG BT15

Tone control ini hanya menggunakan 2 transistor untuk penguata masing- masing tingkat. Tingkat pertama untuk memperkuat arus sinyal dan tingkat kedua untuk memperkuat tegangan sinyal audio.

Transistor menggunakan nomer BC169B yang pada saat itu sudah canggih sebagai pengganti lampu tabung.

Tegangan supplai menggunakan asimetris 22 VDC.

TONE CONTROL AMPEG BA300 BA600

BA300 adalah ampli gitar buatan AMPEG pada era 2000-an. Ampli ini telah menggunakan power amp kelas D yang terkenal lebih efisien dan menghasilkan daya hingga 300 Watt.

Di sini saya ambil skema tone controlnya saja dan hasil potongan adalah seperti berikut ini:

TONE CONTROL AMPEG
Seksi Tone Control pada AMPEG BA300 dan BA600

Tone Control ini menggunakan IC OPAMp nomer NE5532 yang berisikan 2 OPAMP dalam 1 kemasan. OPAMp ini terkenal low Noise dan penerapan OPAMP ini biasanya pada ampli dan prosesor audio merk terkenal.

OPAMP pertama sebagai penguat arus dan penurun impedansi, sementara OPAMP kedua sebagai GAIN atas pengatur nada.

Baxandall terpakai pada seri 300 ini dan menggunakan potensio untuk mengatur nada LOW ( P6 ) , MIDDLE ( P7 ) dan HIGH ( P8 ).

TONE CONTROL AMPEG V6B

d

TONE CONTROL AMPEG

f

TONE CONTROL AMPEG SR4

g

TONE CONTROL AMPEG

h

Demikian aneka tone control merk AMPEG ini.

VARIOUS TONE CONTROL TEAC

Tulisan ini tentang various tone control TEAC,nama product electronic dan audio terkenal dari negeri Jepang. Ia berdiri pada tahun 1953 bernama TTAC dengan produksi pertamanya adalah pita kaset dan merubah menjadi TOKYO ELECTRO ACOUSTIC COMPANY pada 1956.

Di Indonesia, TEAC terkenal dengan produksi pita kaset kosong untuk selanjutnya berisikan rekaman kopi-kopi lagu oleh perusahaan perekaman pada era 70 hingga 2000.

x

1. A1D

A1D adalah amplifier buatan TEAC yang menghasilkan daya keluaran hingga 50 watt dan memiliki tone control pada panel depannya.

SKEMA

Berikut ini adalah skema tone control pada amplifier ini:

tone control teac
Seksi tone control pada TEAC A1D

2. A7 A9

A7 adalah nama sebuah DC servo Amplifier buatan TEAC yang menghasilkan daya 2 x 60 Watt pada beban 8 Ohm. Sementara tone controlnya memiliki 2 buah pengendali, tyakni untuk nada TREBLE dan nada BASS.

Berikut ini adalah skema edit dari tone control buatan TEAC nomer A7 dan A9 ini

Seksi tone control pada TEAC A7

Pada skema tone control buatan TEAC ini menggunakan 2 tingkat OPAMP. OPAMP pertama bertugas sebagai penguat GAIN untuk menaikkan level tegangan sinyal.

OPAMP kedua bertugas sebagai penguat GAIN untuk nada TREBLE dan nada BASS. Skema ini biasa kita sebut dengan nama Baxandall.

AMPLI MONTARBO 210

MONTARBO 210 adalah sebuah ampli aktif atau biasa orang menyebut dengan istilah SPEAKER ACTIVE di mana antara rangkaian Power amplifier dengan speakernya ada dalam satu kemasan.

INFO

AMPLI MONTARBO 210 bisa anda cari di mesin pencari.

SKEMA

Berikut ini adala skema gambar ulang dari MONTARBO 210:

AMPLI MONTARBO 210
Seksi Power Ampli pada MONTARBO 210

Dari skema ini nampak bahwa rangkaian power amplifier ini adalah cukup sederhana yaitu hanya menggunakan 3 tingkat amplifikasi:

  • Penguat awal,
  • Penguat tegangan
  • Servo Driver
  • Penguat akhir

Penguat Awal pada rangkaian ini menggunakan teknik differensial, yaitu dengan kehadiran Q1 dan Q2.

Sementara itu Q3 adalah stabillizer arus untuk rangkaian ini.

Q4 dan Q6 bertugas sebagai penguat tegangan. Q4 sebagai penguat tegangan dari sinyal Q1, seementara itu Q6 adalah sebagai fixed bias untuk rangkaian penguat tegangan ini.

Q5 adalah transistor yang bertugas sebagai Servo Driver, yang mana ia akan mengendalikan arus idle Transistor Final output.

Pada rangkaian ini tidak ada Driver Amplifier namun langsung masuk ke Final Power.

Final Power ini memiliki kemampuan GAIN arus yang sangat tinggi karena menggunakan transistor dari jenis MOSFET.

MOSFET IRFP240 dan IRFP9240 memiliki kemampuan dissipasi daya hingga 150 Watt pada kondisi suhu normal dan arus Drain hingga 20A pada suhu 25C.

Berarti ada peluang bagi power ini untuk membiki daya hingga 300 Watt pada beban 8 Ohm.

CATATAN

Untuk membikin kloningan rangkaian Power ampli ini, saya tidak menyarankan untuk memakai catu daya hingga 80 Volt karena ini beresiko akan merusak MOSFET anda.

Gunakan saja tegangan supplai sebesar 45-55 Volt Dc simetris untuk mencegah overheating pada MOSFET anda.

x

SKEMA POWER DALAM BLOG INI ( LINK )

SKEMA MONTARBO LAINNYA ( LINK )

POWER DAN MIXER BUILT UP ( LINK )

BLOGPSOT YOHAN ( LINK )

VARIOUS TONE CONTROL InterM

Artikel ini berisikan kumpulan skema various TONE CONTROL InterM , sebuah mixer dari Los Angeles, USA.

Karena ada banyak macam type, tahun dan seri dari produk ini maka saya mencoba merangkai satu persatu dalam satu artikel.

1_ TONE CONTROL InterM MIXER PC1235 PC1650

PC1235 adalah Mixer 12 kanal yang ber Power Amplifier dengan daya hingga 350 Watt pada beban 4 Ohm. Mixer audio buatan InterM ini produksi era 2000-an.

Pada rangkaian Tone Control nya, ia menggunakan 3 potensio yang bertugas sebagai pengtaur nada HIGH, LOW dan MID.

KLIK GAMBAR UNTUK MEMPERBESAR

TONE CONTROL InterM pc1235 seksi tone control
Skema Tone Control pada mixer Power InterM PC1235

Dari skema ini nampak bahwa tone control menggunakan 2 tingkat amplifikasi, yakni tingkat pertama untuk mengatur nada treble dan bass sementara pada OPAMP kedua untuk mengatur nada MIDDLE.

Setelah terjadi pengolahan audio, maka masuk ke potensio FADER untuk mengalami penguatan sinyal oleh OPAMP U205A danakan bercampur dengan sumber audio pada channel lainnya.

OPAMP menggunakan supplai simetris 15VDC.

2_ TONE CONTROL InterM SFX 8445 MIXER

SFX8445 adalah mixer 8 kanal dengan amplifier stereo 2 x 450 Watt di dalamnya, sementara SFX 8460 menhasilkan daya hingga 2 x600 Watt. Note: pada beban 2 Ohm. Pada beban 4 Ohm, SFX8445= 2 x 300Watt, SFX8460 = 2 x 450 Watt. ( SUMBER INFO PDF )

Meskipun nampaknya ada 8 kanal MIC, sebenarnya mixer ber amplifier ini mampu mencampur total hingga 16 sumber audio, yakni 8 input mix dan 4 input stereo.

Berikut potongan skema untuk seksi tone control nya.

KLIK UNTUK MEMPERBESAR

seksi TONE CONTROL InterM SFX8445
Seksi Tone Control pada Mixer 8445

Dari skema nampak bahwa rangkaian Tone Control ini terdiri dari 3 potensio pengatur nada dan 1 OPAMP penguat. Pengatur nada antara lain untuk HIGH, MID dan LOW.

Output dari penguatan OPAMP akan masuk ke potensio LEVEl untuk pengaturan level sinyal dan masuk ke OPAMP selanjutnya dan bercampur dengan audio dari kanal lainnya.

3_ TONE CONTROL InterM CMX1668 CMX2468 CMX3268

CMX1668, CMX2468 dan CMX3268 adalah mixer 8 bus buatan InterM pada era 2000-an yang terdiri dari 16 kanal, 24 kanal dan 32 kanal. ( BROSUR DI SINI )

Dan skema tone control adalah seperti potongan ini.

DI KLIK SAJA BIAR BESAR

seksi TONE CONTROL InterM pada CMX1668
Seksi Tone Control pada mixer InterM XX68

Dari skema nampak bahwa proses pengolahan nada menggunakan total 6 potensio, yang mana pada frekwensi MIDDLE terpecah menjadi 2 macam nada dan masing-masing nada memiliki potensio pemilih range frekwensi.

Nada middle 1 cenderung rendah atau biasa kita sebut dengan LO-MID bekerja pada range frekwensi 160 hingga 1,6 kHz. Teramplifikasi oleh OPAMP tersendiri.

Output dari OPAMP pertama, sinyal audio masuk ke rangkaian Middle kedua yang cenderung tinggi atau biasa kita sebut dengan nama HI MID bekerja pada frek ring 800Hz hingga 8kHz.

Selanjutnya sinyal ini masuk ke tone control yang menggunakan metoda BAXANDALL yang terproses oleh sebuah OPAMP.

4_ TONE CONTROL InterM PS30

PS30 adalah mixer sederhana dengan amplifier mini di dalamnya untuk mencampur 2 input microphone dan 1 input audio.

Ini cocok untuk buat aplikasi sederhana seperti ruang kelas, microphone perkumpulan, mengingat daya keluarna ampli ini juga tidak terlalu besar, yakni hanya sekitar 30 Watt saja.

Tone Control tidak terpasang pada tiap kanal, akan tetapi ia terpasang setelah 3 output dari masing-masing preamp ini bertemu.

Potongan skema tone control pada bagian master adalah seperti berikut ini:

KLIK MEMPERBESAR

TONE CONTROL InterM pada mixer PS30
Seksi master tone control pada mixer ampli PS30

Dari 3 preamp ini, bertemu pada inputan OPAMPU201 untuk master mixing. Selanjutnya sinyal hasil pencampuran ini masuk ke rangkaian Tone control yang hanya menggunakan 2 potensio kontrol, yakni TREBLE ( VR204 ) dan BASS ( VR205 ).

Output dari tone control ini selanjutnya akan mengalami penguatan sinyal pada rangkaian Power Amplifier.

5_ TONE CONTROL InterM MX1436

MX1436 adalah mixer buatan InterM yang berisikan total 14 kanal ( 6 mono dan 4 stereo ). ( SUMBER DI SINI )

Pada rangkaian tone control, menggunakan total 4 potensio untuk mengatur nada termasuk 2 potensio untuk frekwensi MIDDLE.

Berikut ini adalah potongan skemanya:

KLIK UNTUK MEMPERBESAR

TONE CONTROL InterM MX1436
Seksi tone control pada Mixer InterM1436

Sinyal masuk ke rangkaian tone control yang menggunakan sistim BAXANDALL untuk mengatur nada HIGH dan LOW.

Setelah itu masuk ke rangkaian tone control semi parametris untuk mengatur nada MID GAIN dan MID RANGE yang akan teramplifikasi oleh OPAMP kedua.

Selanjutnya sinyal ini akan masuk ke potensiometer LEVEL untuk penguatan lagi.

ANEKA TONE CONTROL SOUNDCRAFT

Postingan ini berisikan skema rangkaian aneka tone control SOUNDCRAFT dari berbagai type dan tahun pembuatan.

Berikut uraiannya.

1_ TONE CONTROL SOUNDCRAFT M12 STEREO INPUT

M12 adalah seri mixer buatan SOUNDCRAFT type SPIRIT yang memiliki 12 soket XLR dan 4 soket input stereo.

Kali ini saya perlihatkan skema untuk TONE CONTROL pada input stereo saja.

Penampakan mixer seperti ini:

KLIK GAMBAR UNTUK MEMPERJELAS

SOUNDCRAFT M12

Pada kanal 1 hingga 12, tone control menggunakan 3 potensio. Sementara untuk kanal stereo hanya menggunakan 2 potensio saja, yakni untuk HF dan LF.

SKEMA

Berikut adalah skema seksi tone control untuk inputan stereo pada mixer SOUNDCRAFT type M12:

TONE CONTROL SOUNDCRAFT
Seksi tone control pada input stereo atau channel 13 hingga 20.

Menggunakan 1 OPAMP saja, yakni IC nomer TL072.

Yang menarik di sini adalah nilai resistansi potensio hanya 20K saja yang bagi saya adalah TONE CONTROl dengan GAIN yang tidak begitu besar.

2_E8

E8 adalah mixer buatan SOUNDCRAFT yang mencampur 8 input XLR dan 2 input stereo.

Penampakan seperti berikut ini:

Mixer merk SOUNDCRFAT type SPIRIT seri E8

Tone Control pada mixer ini terdiri dari 4 potensio tone control dan 2 potensio tone control untuk input stereo. Untuk MIC input mengatur nada High Freq, MID GAIN, Mid RAnge, dan Low Freq.

Panel tone control pada SOUNDCRAFT E8

SKEMA

X

TONE CONTROL SOUNDCRAFT
Seksi Tone Control pada SOUNDCRAFT E8

Lebih jelas tentang mixer ini ada ( DI SINI )

3_GB8

x

KLIK UNTUK MEMPERBESAR

X

Panel TONE CONTROL pada SOUNDCRAFT GB8

SKEMA

X

TONE CONTROL SOUNDCRAFT
KLIK UNTUK MEMPERBESAR

Lebih lengkap BACA DI SINI

4_LX7ii

X

TONE CONTROL

X

Panel Tone Control pada SOUNDCRAFT LX7ii

X

SKEMA TONE CONTROL

X

TONE CONTROL SOUNDCRAFT

Lebih lengkap BACA DI SINI